Perkembangan Game Komputer



Hai dan selamat datang ke artikel saya mengenai game komputer. Sebelum masuk ke game komputer, saya ingin menjelaskan secara singkat mengenai game atau video game. Video game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan piranti video.


Pada mulanya, komputer mula-mula yaitu Colossus dan ENIAC  yang dirancang untuk perang diberikan kepada beberapa universitas yang membuat kemudahan dalam pemrograman komputer  dan mengarah ke komersialisasi komputer ke pemerintahan, universitas, dan perusahaan yang pada lingkupnya menghasilkan video game pertama lahir. 

Komputer Colossus
Pada awalnya game komputer dirancang untuk tiga kegunaan yaitu pelatihan, penelitian, dan hiburan. Tetapi, karena keterbatasan perangkat keras dan dibuang setelah digunakan, hal ini tidak mempengaruhi kelanjutan perkembangan di industry game komputer. Game komputer awal yang diketahui yaitu simulasi catur oleh Alan Turing dan David Champernowne yang dinamai Turochamp tetapi game ini hanya dituliskan dan tidak diimplementasikan ke komputer. Sedangkan, game awal yang diimplementasikan yaitu Bertie the Brain dan Nimrod oleh Josef Kates dan John Bennett dengan Raymond Stuart-Williams. Dan game awal yang ditujukan untuk hiburan yaitu Tennis for Two, oleh William Higinbotham dan Robert Dvorak.

Bertie the Brain
Di Massachusetts Institute of Technology (MIT), pada laboratorium Lincoln dirancang komputer TX-0 dimana memiliki ukuran dan harga komputer yang lebih murah dan bekerja secara real-time. Kemudian, laboratorium Lincoln mendonasikan ke MIT yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merancang program di TX-0.  Hal ini membuat mahasiswa dari Tech Model Railroad Club, bereksperimen dengan komputer tersebut. Adanya PDP-1 pada tahun 1961 memberikan kesempatan lebih lanjut untuk bereksperimen yang berujung pada terciptanya game popular dan berpengaruh pertama, Spacewar!

Spacewar!
Setelahnya, dengan adanya pengembangan komputer lebih lanjut, seperti perkembangan Bahasa pemrograman BASIC, membuat bertambahnya jumlah mahasiswa yang  mengembangkan game. Tetapi, game-game ini tidak dapat dipublikasikan karena hardware yang dibutuhkan untuk menjalankannya masih sangat mahal.
Adanya pengembangan system operasi UNIX membuat penyebaran program antar pengembang semakin mudah dan juga berkembangnya system time-sharing dimana pembagian sebuah komputer ke beberapa pengguna. Hal ini menyebabkan adanya majalah dan buku khusus pertama untuk pembuatan game.
Adanya game konsol dan arcade membuat pengembang game mengarahkan focus ke game strategi dan puzzle seperti Star Trek dan Empire. Game yang paling berpengaruh pada 70an adalah Colossal Cave Adventure oleh Will Crowther dimana mengembangkan genre baru berbasis petualangan dan puzzle.
Colossal Cave Adventure
Di akhir 70an, komputer rumah semakin berkembang yang membuat penggunanya  dapat membuat game sederhana. Awalnya, game yang ada merupakan clone dari game arcade seperti Frogger dan Pac-Man dan juga clone dari game mainframe seperti Star Trek. Game-game ini disebarkan melalui buku dengan membagikan source codenya dan juga penjualan lewat floppy disk.
Pada tahun 80an, muncul berbagai komputer dari berbagai perusahaan yang mengembangkan pasar komputer rumah dan game. Di 1984,  akibat pecahnya industri konsol video game, industry game komputer rumah mengambil alih industry game. Hal ini dikarenakan komputer menyediakan kemampuan game yang sama dengan konsol. Di Eropa dan Afrika, Sinclair, Acorn, dan Amstrad mendominasi industry. Di Asia, Sharp dan NEC sedangkan MSX berbasis di Amerika Utara dan dan Selatan, Asia dan Eropa. Commodore dan Atari laku di Amerika Serikat dan Eropa.
Commodore 64
Berkembangnya kekuatan memproses dan menurunnya harga prosesor membuat berkembangnya grafis 3D dan kemampuan multimedia melalui kartu suara dan CD-ROMs. Gme 3D awalnya dengan grafis bayangan rata kemudian ke pemetaan tekstur. Genre strategi real-time menjadi popular di awal 90an dimana Dune II menjadi standarnya.
Pada 1996, adanya chipset Voodoo membuat game memiliki gambar yang lebih detail dimana genre First-person shooters memanfaatkan teknologi itu. Game Quake kemudian menjadi pionir game online dan diikuti game-game seperti Age of Empires dan Warcraft.
Tahun 2000 memunculkan mods untuk game dimana pengguna memodifikasi game yang telah jadi. Salah satu mods yang popular adalah Counter-strike, dimana merupakan hasil modifikasi dari Half-Life. Hal ini membuat banyak gamer membuat mods seperti mod untuk The Sims dimana gamer membuat benda buatan.
Game PC kasual menjadi tren dengan desain game untuk permainan singkat. Contohnya seperti Bejeweled dan Diner Dash. Selain itu, game kasual menjalar ke internet dimana Happy Farm dan Mafia Wars menjadi game popular di Facebook.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_video_games
         https://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_video

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konversi Bilangan Desimal ke Biner, Oktal, Heksadesimal

Apa itu e-Magazine

Pengantar Teknologi Informasi