Perkembangan Game Komputer
Hai dan selamat datang ke artikel saya mengenai game
komputer. Sebelum masuk ke game komputer, saya ingin menjelaskan secara singkat
mengenai game atau video game. Video game adalah permainan yang menggunakan
interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan piranti
video.
Pada mulanya, komputer mula-mula yaitu Colossus dan
ENIAC yang dirancang untuk perang
diberikan kepada beberapa universitas yang membuat kemudahan dalam pemrograman
komputer dan mengarah ke komersialisasi
komputer ke pemerintahan, universitas, dan perusahaan yang pada lingkupnya
menghasilkan video game pertama lahir.
Komputer Colossus |
Pada awalnya game komputer dirancang untuk tiga kegunaan
yaitu pelatihan, penelitian, dan hiburan. Tetapi, karena keterbatasan perangkat
keras dan dibuang setelah digunakan, hal ini tidak mempengaruhi kelanjutan
perkembangan di industry game komputer. Game komputer awal yang diketahui yaitu
simulasi catur oleh Alan Turing dan David Champernowne yang dinamai Turochamp
tetapi game ini hanya dituliskan dan tidak diimplementasikan ke komputer.
Sedangkan, game awal yang diimplementasikan yaitu Bertie the Brain dan Nimrod
oleh Josef Kates dan John Bennett dengan Raymond Stuart-Williams. Dan game awal
yang ditujukan untuk hiburan yaitu Tennis for Two, oleh William Higinbotham dan
Robert Dvorak.
Bertie the Brain |
Di Massachusetts Institute of Technology (MIT), pada
laboratorium Lincoln dirancang komputer TX-0 dimana memiliki ukuran dan harga
komputer yang lebih murah dan bekerja secara real-time. Kemudian, laboratorium
Lincoln mendonasikan ke MIT yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
merancang program di TX-0. Hal ini
membuat mahasiswa dari Tech Model Railroad Club, bereksperimen dengan komputer
tersebut. Adanya PDP-1 pada tahun 1961 memberikan kesempatan lebih lanjut untuk
bereksperimen yang berujung pada terciptanya game popular dan berpengaruh
pertama, Spacewar!
Spacewar! |
Setelahnya, dengan adanya pengembangan komputer lebih
lanjut, seperti perkembangan Bahasa pemrograman BASIC, membuat bertambahnya
jumlah mahasiswa yang mengembangkan
game. Tetapi, game-game ini tidak dapat dipublikasikan karena hardware yang
dibutuhkan untuk menjalankannya masih sangat mahal.
Adanya pengembangan system operasi UNIX membuat penyebaran
program antar pengembang semakin mudah dan juga berkembangnya system time-sharing
dimana pembagian sebuah komputer ke beberapa pengguna. Hal ini menyebabkan
adanya majalah dan buku khusus pertama untuk pembuatan game.
Adanya game konsol dan arcade membuat pengembang game
mengarahkan focus ke game strategi dan puzzle seperti Star Trek dan Empire.
Game yang paling berpengaruh pada 70an adalah Colossal Cave Adventure oleh Will
Crowther dimana mengembangkan genre baru berbasis petualangan dan puzzle.
Colossal Cave Adventure |
Di akhir 70an, komputer rumah semakin berkembang yang
membuat penggunanya dapat membuat game
sederhana. Awalnya, game yang ada merupakan clone dari game arcade seperti
Frogger dan Pac-Man dan juga clone dari game mainframe seperti Star Trek.
Game-game ini disebarkan melalui buku dengan membagikan source codenya dan juga
penjualan lewat floppy disk.
Pada tahun 80an, muncul berbagai komputer dari berbagai perusahaan
yang mengembangkan pasar komputer rumah dan game. Di 1984, akibat pecahnya industri konsol video game, industry
game komputer rumah mengambil alih industry game. Hal ini dikarenakan komputer
menyediakan kemampuan game yang sama dengan konsol. Di Eropa dan Afrika,
Sinclair, Acorn, dan Amstrad mendominasi industry. Di Asia, Sharp dan NEC
sedangkan MSX berbasis di Amerika Utara dan dan Selatan, Asia dan Eropa.
Commodore dan Atari laku di Amerika Serikat dan Eropa.
Berkembangnya kekuatan memproses dan menurunnya harga
prosesor membuat berkembangnya grafis 3D dan kemampuan multimedia melalui kartu
suara dan CD-ROMs. Gme 3D awalnya dengan grafis bayangan rata kemudian ke
pemetaan tekstur. Genre strategi real-time menjadi popular di awal 90an dimana
Dune II menjadi standarnya.
Commodore 64 |
Pada 1996, adanya chipset Voodoo membuat game memiliki
gambar yang lebih detail dimana genre First-person shooters memanfaatkan
teknologi itu. Game Quake kemudian menjadi pionir game online dan diikuti
game-game seperti Age of Empires dan Warcraft.
Tahun 2000 memunculkan mods untuk game dimana pengguna
memodifikasi game yang telah jadi. Salah satu mods yang popular adalah
Counter-strike, dimana merupakan hasil modifikasi dari Half-Life. Hal ini
membuat banyak gamer membuat mods seperti mod untuk The Sims dimana gamer
membuat benda buatan.
Game PC kasual menjadi tren dengan desain game untuk
permainan singkat. Contohnya seperti Bejeweled dan Diner Dash. Selain itu, game
kasual menjalar ke internet dimana Happy Farm dan Mafia Wars menjadi game popular
di Facebook.
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_video_games
https://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_video
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_video_games
https://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_video
Komentar
Posting Komentar